Warna Lidah Menunjukkan Kesehatan Anda - Langsung Ke Blog

Warna Lidah Menunjukkan Kesehatan Anda

Tubuh kita selalu mempunyai cara untuk menunjukkan situasi dan kondisi yang kita rasakan, apakah kita dalam keadaan bahagia, sehat atau sedang dalam keadaan sakit dan salah satu organ tubuh yang dapat mengetahui kondisi kesehatan kita adalah lidah. Lidah kita adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan menguyah dan menelan.
Lidah di kenal sebagai indra pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap, lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara, juga membantu membolak balikkan makanan dalam mulut, bila kita memeriksakan diri ke rumah sakit hal pertama yang di lakukan dokter adalah mengecek kesehatan kita lewat organ lidah terlebih dahulu karena bila terjadi perubahan warna, tekstur dan kelembaban lidah berarti ada perubahan juga dalam kesehatan tubuh kita.

Berikut informasi kesehatan jika di lihat dari kondisi lidah.

LIDAH BERWARNA MERAH
Lidah berwarna merah menunjukkan adanya aktifitas panas pada tubuh kita, jika warna merah hanya terdapat di ujung lidah berarti menunjukkan adanya panas pada jantung sementara itu bila warna merah berada di ujung kanan atau kiri lidah bisa jadi ada masalah pada ginjal dan kandung empedu.

Warna merah terjadi di lidah di karenakan suhu tubuh atau panas abnormal yang meningkat dalam tubuh kita sehingga membuat warna merah muncul bahkan terlihat sedikit membengkak.

Beberapa penyakit yang memicu warna merah bibir di antaranya karena kekurangan vitamin, demam berdarah, dan penyakit kawasaki yang biasa menyerang balita. Penyakit kawasaki adalah penyakit yang dapat menyebabkan inflamasi pada dinding pembuluh darah di seluruh tubuh, penyakit ini umumnya menyerang balita yang berusia antara 9 bulan hingga 1 tahun.

Untuk mengatasi agar tubuh kita sehat dan lidah kita tidak berwarna merah disarankan mengkonsumsi zat besi, vitamin B12 dan vitamin B3. Zat besi dapat anda temui dalam telur, daging sapi dan ikan sementara makanan yang mengandung B12 adalah kerang, sereal dan ikang herring dan vitamin B3 adalah buah mangga, asparagus, kacang – kacangan serta biji – bijian.

LIDAH BERWARNA HITAM
Lidah yang berwarna agak ke hitaman di kenal dengan beberapa nama yakni hairy tongue, black tongue. Keadaan lidah berwarna hitam bisa di sebabkan oleh beberapa hal seperti penggunaan anti biotik, infeksi jamur, radiasi pada mulut dan pada orang dewasa dapat sebabkan oleh rokok.

Warna lidah hitam juga biasanya mudah menyerang balita, namun bagi anda yang mempunyai balita tidak perlu panik karena warna hitam lidah pada bayi biasanya tidak di sertai rasa sakit atau tidak nyaman karena kondisi ini juga dapat di sebabkan kekurangan beberapa zat besi bila ini penyebabnya pemberian makanan dengan nutrisi seimbang dan nutrisi tertentu dapat membantu mengembalikan warna lidah.

Kegiatan yang biasa kita lakukan ini juga dapat menyebabkan llidah kita berwarna hitam di antaranya tidak menjaga kebersihan mulut, penggunaan obat kumur, perubahan bakteri normal dalam mulut setelah pengobatan bakteri, menggunakan tembakau atau rokok dan minum kopi atau teh terlalu banyak.

Untuk mencegah agar lidah kita tidak berwarna hitam lakukan kebersihan mulut anda secara rutin dan teratur terutama setelah makan dan sebelum tidur. Berkumurlah dengan hidrogen proksida encer jika masalah masih berlanjut segera konsultasikan dengan dokter gigi anda.

LIDAH BERWARNA UNGU
Lidah berwarna ungu menunjukkan pasien menderita demam dan kelainan darah atau sirkulasi darah  tidak lancar. Bila keseluruhan lidah berwarna ungu berarti menunjukkan kepada organ, bila lidah kita berwarna ungu terang berarti terdapat masalah pada jantung dan hati kita, hal ini dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti bronkitis kronis, kadar kolestrol tinggi dan sebaiknya kita mengkonsumsi makanan maupun minuman dingin untuk menghilangkan warna ungu pada lidah anda perlu mengkonsumsi bawang putih dengan takaran yang cukup sehingga dapat mengembalikan warna lidah anda kemudian untuk organ tubuh anda yang bermasalah segera konsultasikan ke dokter terdekat.

LIDAH BERWARNA PUTIH
Orang dengan lidah warna putih biasanya terlihat pada pasien dengan demam tifoid. Demam tifoid adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Lidah berwarna putih mengindentifikasi pencernaan kita yang bermasalah atau terganggu dan gejala influenza karena warna lidah kita putih tipis berarti kita kekurangan darah bila lidah putih tebal berarti anda mengalami gejala penyakit kelamin.

Untuk melakukan pencegahan dan perubahan warna lidah anda harus mengkonsumsi air putih dan membersihkan mulut anda secara teratur setiap hari.

LIDAH BERWARNA COKELAT
Para ahli kesehatan menyimpulkan bila lidah kita berwarna cokelat kita harus waspada karena di sinyalir ini adalah tahap awal penyakit kanker kulit yang di sebut melanoma apa lagi bila lidah terdapat bintik cokelat yang perlahan – lahan berubah menjadi gelap di sarankan untuk segera memeriksakan kondisi tubuh anda pada dokter.

Untuk mencegah resiko kanker kulit ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko kanker kulit. Apa lagi bila sudah melihat gejalanya dari lidah yang berwarna cokelat :
  1. Mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya.
  2. Tambahkan bawah putih pada makanan anda.
  3. Batasi penggunaan ponsel.
  4. Pilih pakian yang tepat saat keluar ruangan karena warna tertentu pada pakian dapat melindungi kulit anda dari sengatan langsung sinar matahari.
  5. Hindari makanan yang di bakar atau di panggang.  

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Warna Lidah Menunjukkan Kesehatan Anda"

  1. Lidah saya warnanya merah terus nih, terima kasih atas informasi mengenai warna lidah dan kaitannya dengan kesehatan, semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mengalami sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Semoga bisa bermanfaat terutama buat teman - teman yang mengalami sakit.

      Delete

Berkomentarlah dengan bijak, sesuai topik pembahasan dan jangan lupa Subscribe https://youtube.com/c/RauhunIsnaini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel