Cara Membuat User Windows Server - Langsung Ke Blog

Cara Membuat User Windows Server

Untuk memulai menggunakan windows server mempunyai client maka seorang administrator harus menciptakan account bagi user/client terseut pada komputer server windows. Langkah awal adalah administrator masuk ke dalam server (login) dengan menggunakan nama user administrator dan password yang sudah ditentukan. kemudian setelah masuk dalam lingkungan windows server pilih menu start | programs | administrative tools | computer management. dilayar beberapa komponen dalam windows server yang bisa dikonfigurasikan. pilihlah local users and group user seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Cara Membuat User Windows Server

kemudian isikan informasi berkut ini :
  1. Nama login untuk user.
  2. Full name user.
  3. Description user bisa diisi bisa juga tidak. password-nya pada kotak isian confirm password.
  4. Pada pilihan user must change password on next logon boleh diaktifkan atau pun tidak, jika diaktifkan maka setelah user login ke jaringan pertama kali maka user harus mengganti password-nya, jika tidak diaktifkan maka password yang sudah dibuat pada langkah 4 di atas akan dipakai terus dan pilihan user cannot change password serta password never expires bisa diaktifkan
  5. Pilihan user can not change password diaktifkan password-nya
  6. Pilihan password never expires diaktifkan agar password user tidak pernah kadaluarsa, jika tidak diaktifkan maka paswword user akan kdaluarsa dan harus diganti dengan yang baru pada periode tertentu yang sudah ditentukan oleh administrator jaringan.
  7. Pada pilihan account is disabled jangan diaktifkan, jika diaktifkan maka account user pada windows server masih ada tetapi user tidak dapat bergabung dengan jaringan komputer tersebut
  8. Langkah terakhir tekan tombol create untuk membuat account user baru tersebut
  9. Dan tekan tombol close untuk menutup kotak dialog new user

Pada jaringan komputer, kadang kala ada beberapa folder di server yang nantinya akan diakses oleh user untuk menentukan folder mana dan user siapa yang boleh mengkses diperlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu dengan alasan keamanan.

Langkah pertama pilihlah menu windows explorer dan tentukan sebuah Folder yang akan di sharing, klik kanan dan pilih Properties kemudian pilih sharing. Pilihlah Tab Share this folder beri nama share-nya (share name), berikan comment bila perlu.

Untuk menentukan berapa user yang boleh menggunakan folder tersebut pada waktu yang bersamaan pilihlah user limit. maximum allowed untuk pengunaan folder bagi semua user atau allow..users untuk menentukan jumlah user yag boleh menggunakan folder pada waktu yang bersamaan. pilih permissions untuk menetukan hak akses user pada folder tersebut. klik add untuk menambah user yang berhak mengakses folder dan tentukan hak aksesnya. kemudian klik apply untuk menerima user baru yang akan mengakses folder tersebut. 

Selain sumber daya berupa file dan folder, printer juga bisa diset untuk dipakai secara bersamaan. tahap awal pilih menu start, settings, printers, add printer sehingga muncul wizard yang akan membantu menginstall printer baru pada jaringan. pilihlah local printer dan kemduan pilih prot yang dipakai untuk saluran kabel printer lokal. dilayar berkutnya pilih jenis printer dan pembuatnya, sebagai contoh epson-LX300.

Kemudian klik Net dan beri nama printer tersebut. Kemudian dilayar berkutnya berikan nama sharing bagi printer tersebut, klik Next untuk menuju layar selanjutnya tempat menuliskan keterangan mengenai lokasi printer dan diskripsinya. Bila printer sudah On Line pilihlah Test Print Page untuk mencoba printer dan dilanjutkan dengan menekan tombol finish untuk memulai penginstalasian printer.

Selanjutnya pilih printer baru di layar Printers dan klik kanan untuk memunculkan layar Properties dan pilih Security untuk menetukan hak dan user yan boleh menggunakan printer seperti pada Sharing Folder.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, sesuai topik pembahasan dan jangan lupa Subscribe https://youtube.com/c/RauhunIsnaini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel