Cara Menurunkan Internet Di Routerboard RB Mikrotik - Langsung Ke Blog

Cara Menurunkan Internet Di Routerboard RB Mikrotik

Dial internet atau kalau bahasa saya yang masih belajar adalah menurunkan internet sehingga perangkat atau device bisa melakukan ping ke salah satu website atau domain sebagai penanda bahwa alat routerboard RB mikrotik telah mendapatkan koneksi internet.

Ada beberapa step atau langkah-langkah yang harus di penuhi ketika mau menurunkan internet ke Router mikrotik :

Pertama
Menambahkan IP Address (IP yang sudah ada internet biasanya IP Publik yang di tandai dengan sles (/) 30 atau 27. contoh 203.146.99.101/30 dan arahkan ke interface ether1.
menambahkan ip address untuk ip publik

Kedua
Tambahkan atau Add sebuah Routes baru dengan mengisi dst adress dan gateway. contoh dst.adress:0.0.0.0/0, gateway:203.146.99.100. perlu di perhatikan untuk bagian dst address tidak perlu di isi biarin saja sesuai defaultnya (0.0.0.0/0) yang perlu di isi hanya bagian gateway jika tidak tahu alamat gateway anda bisa menghubungi pihak penyedia jasa internet atau provider tempat anda membeli internet dan berlangganan.
menambahkan ip routes
 
Ketiga
Ini adalah langkah terakhir dalam menurunkan internet di router / RB mikrotik yaitu tinggal menambahkan dns google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4)
menambahkan dns google

Setelah selesai memenuhi ketiga syarat diatas tinggal melakukan pengetesan melalui terminal, dengan cara melakukan ping kesalah satu situs contoh ping google.com. jika reply berarti internet telah turun di router tapi jika tidak maka masih ada kesalahan di salah satu langkah di atas.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, sesuai topik pembahasan dan jangan lupa Subscribe https://youtube.com/c/RauhunIsnaini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel