Cara Reset Mikrotik RB Routerbord Hex Lite 750r2 - Langsung Ke Blog

Cara Reset Mikrotik RB Routerbord Hex Lite 750r2

Tutorial kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara reset routerboard (RB) mikrotik tipe Hex Lite dengan ID:RB750r2. kebetulan saya dapat kesempatan untuk belajar otak-otik agar lebih familiar menggunakan mikrotik dalam sebuah network dengan skala tertentu.

Kita belajar dari yang basic atau paling dasar dalam hal ini mengembalikan setingan sebuah router ke default atau bawaan pabrik. mungkin banyak faktor yang membuat kita melakukan tindakan ini, tergantung dari kondisi yang sedang di alami. contoh seperti saya karena sedang belajar mikrotik.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan dalam mengembalikan RB ke posisi bawaan :
  1. Reset melalui sistem baik melalui menu visual maupun menggunakan terminal
  2. Menggunakan tombol reset yang berada pada body router dan biasanya tombol reset ini sejajar dengan lubang power dan port ether.
  3. Hard Reset, cara ini merupakan cara yang agak ekstrim karena harus membuka penutup routerboard setelah itu perhatikan pada bagian mesin terdapat sebuah lingkaran warna emas yang mirip tapal kuda. kalau sudah ketemu tinggal di konsletin sampai router.

Cara yang akan kita bahas adalah menggunakan cara nomor 1 atau melalui sistem operasi mikroitk jadi resetnya melalui bagian dalam OS.


  1. Buka Winbox usahakan menggunakan versi terbaru, setelah itu scan melalui menu Tab Neighbors yang terdpat pada tampilan winbox. biasa secara otomatis router akan terdeteksi atau bisa menekan tombol refresh. kalau sudah ketemu tekan tombol konek untuk masuk ke dalam MikrotikOS.
  2. Klik menu New Terminal yang terdapat di bagian samping kiri. lengkapnya seperti gambar di bawah ini.
    perintah reset pada new terminal mikrotik
  3. Selanjutnya tinggal anda ketik system reset tekan tombol enter untuk eksekusi atau melajutkan maka akan muncul pemberitahuan Dangerous! reset anyway? [Y/N] tekan huruf Y pada keyboard untuk melakukan reset. maka secara otomatis sistem akan langsung berhenti selama proses reset berlangsung dan jika proses sudah selesai maka lampu indikator RB akan menyala lagi khususnya indikator ether.
  4. Masuk lagi ke dalam RB menggunakan Winbox untuk melakukan proses selanjutnya dan ketika sistem terbuka anda akan langsung di hadapkan dengan sebuah menu pop up seperti gambar di bawah ini.
    remove configuration mikrotik
  5. Setelah anda melihat gambar di atas, tinggal menekan tombol Remove Configuration dan tombol Ok 
  6. Maka sistem mikrotik anda telah kembali ke setingan awal.
Perlu di perhatikan ketika menggunakan cara ini ( /system reset ), maka secara otomatis akan mendapat IP default yaitu 192.168.88.1/24 pada interface bridge. contoh seperti gambar di bawah ini :
contoh ip default bawaan mikrotik
Jadi, jangan heran kalau tiba-tiba menemukan IP ketika mencoba melalui salah satu ether khususnya nomor 2 sampai dengan nomor 5 (tergantung jumlah ether yang di gunakan).

Kalau tidak suka atau masih takut menggunakan Terminal dalam melakukan konfiguras khusus masalah Reset bisa menggunakan visual melalui menu dan emang lebih mudah dan gampang. kesannya juga lebih cepat, tidak ribet. Berikut saya berikan gambaran kalau reset melalui menu biasa atau secara visual jadi tinggal klik saja.
cara reset rb mikrotik segala tipe
Setelah klik tombol Reset Configurations maka tombol peringatan akan muncul dengan dua pilihan Yes/No karena mau mengembalikan ke awal maka jawabannya Yes. setelah itu tinggal tunggu sampai RB up lagi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Reset Mikrotik RB Routerbord Hex Lite 750r2"

Berkomentarlah dengan bijak, sesuai topik pembahasan dan jangan lupa Subscribe https://youtube.com/c/RauhunIsnaini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel